Cara Tarik PTK/Mutasi PTK Di Dapodik 2017 ~ Cara Tarik PTK Terbaru 2017

Cara Tarik PTK : Resmi di lirisnya Aplikasi Dapodik 2017 pada awal pembelajaran tentunya menambah tugas baru bagi para operator. Seperti biasa pembelajaran baru juga banyak PTK yang mengalami mutasi, baik dari sekolah ke sekolah lain dan dari sekolah juga ada yang ke dinas kecamatan maupun ke dinas kabupaten. Salah satunya adalah di sekolah saya yang menerima PTK baru dari sekolah lain. Mutasi adalah hal yang wajar yang tentunya pernah di alami oleh setiap tenaga pendidik maupun kependidikan. Karena mutasi pada dasarnya adalah memindahkan guru ke sekolah lain atau tempat tugas lain yang mengalami kekurangan guru atau bisa juga kelebihan guru. Mutasi PTK juga di lakukan untuk memberikan pengalaman baru untuk merasakan kondisi, situasi yang baru pula. Bagi sekolah yang gurunya atau PTKnya di mutasi maka kewajibannya adalah mengeluarkan ptk tersebut dari dapodik versi 2017, sementara bagi sekolah yang menerima PTK baru kewajibannya adalah menarik PTK tersebut ke sekolah kita. Maka dari itu info sekolahku akan membagikan Cara Tarik PTK karena di sekolah saya ada guru baru yang harus di masukkan ke Aplikasi Dapodik 2017.

Cara Tarik PTK ini juga memudahkan Operator, dalam hal pengisian PTK. Kenapa memudahkan? Karena dengan Cara Tarik PTK/Mutasi PTK dari fitur http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops Operator tidak perlu mengisi ulang data-data PTK tersebut ke dapodik. Karena dengan hanya kita Tarik PTK tersebut semua data secara otomatis akan masuk pada aplikasi dapodik di sekolah kita. Jadi mudah bukan.!

Bagi Operator yang sudah pengalaman melakukan Tarik PTK mungkin sudah tidak mengalami kesulitan, tetapi bagaimana dengan Operator baru seperti saya? tentu juga akan mengalami sedikit kesulitan. Tetapi dengan melalui tutorial yang admin berikan ini admin yakin tidak akan mengalami masalah/kesulitan. Oke langsung saja berikut langkah-langkah melakukan Cara Tarik PTK/Mutasi PTK di Dapodik 2017.

Pertama kita masuk dahulu ke laman http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops. Setelah berhasil, masukkan Email, Pasword dan Kode Registrasi sesuai dengan Akun Dapodik. Berikut gambarnya untuk lebih jelasnya.

Cara Tarik PTK/Mutasi PTK

Setelah itu masuk lihat di pojok kiri bawah lalu pilih Tarik PTK. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Cara Tarik PTK

Setelah itu di bagian kolom sebelah kiri pilih Propinsi, Kab/Kota, Kecamatan dan Sekolah Asal, (Sekolah asal : Dari mana ptk tersebut, Cari berdasarkan nama sekolah). Untuk kolom sebelah kanan yaitu sekolah tujuan sudah otomatis terisi, yaitu sekolah kita. Berikut gambarnya.

Cara Tarik PTK/Mutasi PTK di Dapodik 2017

Jika sudah masukkan NUPTK, PTK yang akan di mutasi ke sekolah kita.

Cara Tarik PTK

Setelah memasukkan NUPTK maka akan muncul nama-nama guru di sekolah yang dulu. Maka setelah Nama PTK tersebut muncul, Klik pada tanda konfir warna biru di sebelah kanan. Berikut gambar untuk memudahkan pemahaman teman-teman.

Cara Tarik PTK

Sudah selesai tunggu hingga permintaan mutasi ptk atau tarik ptk di proses, biasanya menunggu hingga 2 hari atau bisa juga 3 hari.

Lalu apakah Cara Tarik PTK/Mutasi PTK di Dapodik 2017 sudah selesai? Jawabanya adalah belum, Kanapa belum? Karena kita harus menunggu permintaan di proses oleh admin untuk memasukkan PTK tersebut ke sekolah kita. Lalu bagaimana jika sudah di proses? Nah itulah yang akan admin bagikan kembali, pada tutorial kali ini. Karena jika hanya melakukan proses di atas PTK belum bisa masuk ke dapodik kita walaupun sudah di proses oleh admin.

Berikut Cara Tarik PTK/Mutasi PTK setelah di proses oleh admin.
Pertama masuk pada aplikasi dapodik 2017
jika sudah masuk ke Dapodik 2017, lalu pilih GTK. setelah masuk ke GTK klik pada menu tambah PTK. Maka jika sudah di proses PTK tersebut akan secara otomatis masuk ke Dapodik 2017, dan tidak perlu memasukkan data dari awal kembali, tetapi kita hanya mengisi beberapa data yang kurang saja. Bagimana mudah bukan.

Nah itulah beberapa tahapan Cara Tarik PTK yang dapat admin berikan. Melalui tutorial admin yakin teman-teman tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan proses Cara Tarik PTK/Mutasi PTK di Dapodik 2017 karena tutorial ini admin bagikan secara lengkap tahap demi tahap guna mengurangi kesalahan atau juga kebingungan yang teman-teman ops alami.

Mungkin itu dulu tutorial dari admin yaitu Cara Tarik PTK/Mutasi PTK di Dapodik 2017 Semoga dapat memudahkan teman-teman dalam melakukan Tarik PTK atau Mutasi PTK di sekolah teman-teman semua. Demikian..

Salam Satu Data Dapodik 2017.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan sopan terima kasih. EmoticonEmoticon