Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan, Materi Pecahan Kelas 5

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan : untuk materi pecahan kelas 5 baik tingkat SD maupun MI. Berikut admin bagikan Cara cepat menghitung operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Operasi_Penjumlahan_dan_Pengurangan_Pecahan_Materi_Pecahan_Kelas_5

Sahabat Info Sekolahku, bertemu kembali bersama admin di Info Sekolahku. Setelah beberapa waktu lalu admin membagikan Materi Pecahan Kelas 5 Semester 2, Cara Mengubah Pecahan yang tentunya sudah di baca dan di pahami sahabat Info Sekolahku, Kali ini admin akan membagikan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan untuk Materi Pecahan Kelas 5 baik SD maupun MI.

Untuk Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan beberapa materi yang harus di kuasai oleh sahabat Info Sekolahku adalah :
  1. Bagaimana memahami penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan berpenyebut sama.
  2. Bagaimana memahami penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan berpenyebut berbeda.
  3. Bagaimana memahami penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan campuran dan
  4. Bagaimana memahami penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dengan pecahan campuran.
Itulah empat materi yang akan di jelaskan pada kesempatan kali ini. Admin bagikan lengkap dan jelas bagaimana melakukan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan, untuk kelas 5. Mari kita bahas materi tersebut dengan seksama agar lebih memperdalam penguasaan sahabat Info Sekolahku.

OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN.

Operasi Penjumlahan Pecahan.

Opersai Penjumlahan Pecahan Dengan Berpenyebut Sama.
Untuk melakukan operasi penjumlahan pecahan dengan berpenyebut sama, kita hanya tinggal menjumlahkan pembilahnya saja. Berikut rumusnya :

Operasi_Penjumlahan_Pecahan_Berpenyebut_Sama
Contoh Soal


Contoh_Soal_Operasi_Penjumlahan_Pecahan_Berpenyebut_sama
Catatan ! Berapapun jumlahnya asalkan penyebutnya sama maka kita bisa langsung menjumlahkan pembilangnya.

Opersai Penjumlahan Pecahan Dengan Berpenyebut Berbeda

untuk melakukan operasi penjumlahan pecahan dengan berpenyebut berbeda maka kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu dengan menggunakan KPK dari penyebut dari masing-masing pecahan tersebut. Atau bisa dengan cara mudahnya tanpa mencari KPK dari penyebut masing-masing pecahan. Berikut cara mudahnya.

Rumus_Operasi_Penjumlahan_Pecahan_Dengan_Berpenyebut Berbeda
itulah rumusnya, sekarang mari kita kecontoh soal untuk lebih memperdalam penguasaan materinya.
Contoh Soal

Contoh_soal_Operasi_Penjumlahan_Pecahan
Contoh lain
Operasi_Penjumlahan_dan_Pengurangan_Pecahan
Bagaimana sahabat Info Sekolahku? Mudah bukan, sekarang kita kepenjelasan berikutnya masih terkait dengan penjumlahan pecahan, sekarang kita ke penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran.

Penjumlahan Pecahan Biasa Dengan Pecahan Campuran.
untuk melakukan operasi pecahan biasa dengan pecahan campuran langkah-langkahnya hampir sama dengan penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa, hanya saja ada pecahan salah satunya pecahannya adalah pecahan campuran. Berikut cara cepatnya untuk penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran.
Penjumlahan_Pecahan_Biasa_Dengan_Pecahan_Campuran
Itulah rumus cara cepat operasi penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran atau sebaliknya. Sekarang mari kita ke contoh soal.
Contoh Soal
Contoh_Soal_Pecahan_Kelas_5
Setelah memahami contoh soal di atas semoga sahabat info sekolahku juga lebih memahami operasi penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran. Sekarang tinggal satu langkah lagi untuk lebih menguasai materi penjumlahan pecahan, yaitu memahami bagaimana operasi penjumlahan pecahan campuran dengan pecahan campuran. Satu langkah lagi untuk dapat mengusai materi penjumlahan pecahan. Mari kita simak bersama penjumlahan pecahan campuran dengan pecahan campuran.

Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran.
Berikut untuk lebih mengusai materi pecahan campuran dengan pecahan campuran, admin bagikan rumus lebih mudah untuk menguasai materi ini.

Operasi_Penjumlahan_Pecahan_Campuran_Dengan_Pecahan_Campuran
Rumus diatas bisa mempermudah menguasai materi operasi penjumlahan pecahan campuran dengan pecahan campuran, karena ada yang menjelaskan cara menjumlahkan pecahan campuran dengan pecahan campuran dengan cara mengubah menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. sebenarnya sama saja namun cara ini lebih mudah untuk di pahami dan di kuasai. Untuk memperdalamnya berikut contoh soal untuk penjumlahan pecahan campuran dengan pecahan campura.

Operasi_Penjumlahan_Campuran
Di contoh soal di atas ada keterangan di ubah menjadi pecahan campuran, tentunya sahabat info sekolahku sudah memahami bagaimana mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran. jika masih bingung pahami lagi materi Materi Pecahan Kelas 5 Semester 2, Cara Mengubah Pecahan yang sudah admin bagikan beberapa waktu yang lalu. Bagaimana mudah juga bukan? itulah operasi penjumlahan pecahan baik pecahan berpenyebut sama maupun berpenyebut berbeda, pecahan biasa maupun pecahan campuran. Dengan menguasai materi ini maka sahabat info sekolahku sudah paham bagaimana operasi penjumlahan pecahan.

Sekarang kita ke materi selanjutnya yaitu operasi pengurangan pecahan, sesuai dengan judul postingan admin yaitu Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Karena sahabat info sekolahku sudah memahami operasi penjumlahan pecahan, sekarang kita ke operasi pengurangan pecahan.

Untuk Operasi Pengurangan Pecahan, sebenarnya hampir sama cara pengerjaannya dengan Operasi Penjumlahan Pecahan, yaitu sahabat info sekolahku juga harus menguasai materi pengurangan dengan berpenyebut sama, operasi dengan berpenyebut berbeda, operasi pengurangan pecehan biasa dengan pecahan campuran, dan operasi pengurangan pecahan campuran dengan pecahan campuran.  Kita langsung saja ya... Berikut materi operasi pengurangan pecahan.

Operasi Pengurangan Pecahan.

Opersai Pengurangan Pecahan Dengan Berpenyebut Sama.
Operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut sama sebenarnya juga sama saja melakukan operasi penjumlahan pecahan dengan berpenyebut sama, yaitu hanya menjumlahkan pembilangnya saja, berapapun banyaknya pengurangannya. Namun untuk lebih menguasai materi operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut sama kita kita bahas bersama. Berikut rumus awal untuk operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut sama.

Operasi_Pengurangan_Pecahan_Berpenyebut_Sama
Berikut contoh soal yang harus di pahami.
Contoh_Soal_Operasi_Pengurangan_Pecahan_Berpenyebut_Sama.png
Ingat! Berapapun banyaknya pengurangannya kita hanya mengurangi pembilangnya saja, penyebutnya adalah sama.

Opersai Pengurangan Pecahan Dengan Berpenyebut Berbeda.
untuk operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut berbeda maka kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu, namun dengan rumus yang admin berikan tidak usah menyamakan penyebutnya, kita langsung saja melakukan operasi dengan rumus yang admin berikan. berikut rumus dan contoh soalnya, untuk operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut berbeda.
Operasi_Penjumlahan_Dan_Pengurangan_Pecahan

Operasi Pengurangan Bilangan Asli Dengan Pecahan.
Operasi Pengurangan Bilangan Asli dengan Pecahan, ini sedikit berbeda, maksudnya adalah kita mengurangankan bilangan asli, seperti (1,2,3,4,5 dst..) dengan pecahan. Tentunya ini akan sedikit lebih sulit dari pembahasan sebelumnya, namun jika sahabat info sekolahku memperhatikan dengan baik dan benar maka tidak ada yang sulit. Berikut untuk rumus dan contoh soal agar lebih menguasai materi ini.
Operasi_Pengurangan_Bilangan asli_Dengan_Pecahan


Itulah cara mudahnya untuk melakukan operasi pengurangan bilangan asli dengan pecahan.

Operasi Pengurangan Pecahan Biasa Dengan Pecahan Campuran atau Sebaliknya
Berikut admin langsung bagikan rumus cepat dan contoh soal untuk Operasi pengurangan pecahan biasa dengan pecahan campuran.
Operasi_Pengurangan_Pecahan_Biasa_Dengan_Pecahan_Campuran
Pada operasi pengurangan pecahan biasa dengan pecahan campuran atau sebalinya kita harus mengelompokkan bilangan asli dan pecahanannya. Untuk operasi pengurangan pecahan bilangan asli tetap di tambahkan dengan pecahannya, perhatikan rumus dan contoh soal di atas.

Operasi Pengurangan Pecahan Campuran dengan Pecahan Campuran
Setelah sahabat info sekolahku paham operasi pengurangan pecahan biasa dengan pecahan campuran atau sebalinya, maka untuk operasi pecahan campuran dengan pecahan campuran cara pengerjaannya sama saja, yaitu kita harus mengelompokkan bilangan asli dengan bilangan asli dan pecahan dengan pecahan. Berikut langsung saja untuk cara cepat, atau rumus dan contoh soal agar lebih menguasai materi.

Operasi_Penjumlahan_dan_Pengurangan_Pecahan
















Itulah rumus cepatnya dan contoh operasi pengurangan pecahan campuran dengan pecahan campuran. Semoga lebih memudahkan sahabat info sekolahku untuk menguasai atau memahami meteri pengurangan pecahan campuran dengan pecahan campuran.
Ingat ! Bilangan asli di kelompokkan dengan bilangan asli, pecahan dengan pecahan sehingga di dapat hasil operasi seperti contoh di atas.

Bagaimana Sahabat Info Sekolahku, sudah bisa bukan untuk melakukan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Mudah bukan? asalkan sahabat info sekolahku membaca dari awal postingan hingga akhir saya yakin akan lebih memahami materi ini. Mungkin itu saja dulu yang dapat admin berikan, untuk materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Tiga Pecahan baik pecahan campuran dengan pecahan biasa atau sebaliknya, asalkan sudah mengusai materi ini saya yakin teman-teman juga bisa mengusai materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Tiga Pecahan berturut-turut.

Mungkin itu dulu yang dapat admin berikan untuk operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Salam....

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya ya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan sopan terima kasih. EmoticonEmoticon